rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Kamis, 02 November 2017

Cara Membuka Rekening Bank di Swedia

          Sesampainya di Swedia aku bingung karena semua pembayaran menggunakan kartu bank / kartu ATM / kartu debet. Mulai dari makan, belanja, ngafe, sampe ke toilet pun menggunakan card payment. Garuk-garuk kepala sendiri setelah mesen kopi di salah satu cafe di Göthenburg, ternyata tidak menerima pembayaran cash. Pengen ngamuk rasanya saat udah kebelet pengen ke toilet, ternyata musti bayar dan ga bisa bayar cash. Nah, jangan sampe kejadian kayak gini teralami oleh temen-temen yang baru pertama tinggal di Swedia ya.
            So, kali ini aku bakal share pengalaman tentang bagaimana cara membuka rekening bank di Swedia.
Yang harus di siapkan :
1.     Personnummber, apa itu Personnummer? Baca di sini.
2.     Kontrak kerja / surat keterangan (beasiswa atau orangtua yang membayar,
 yang didalamnya menjelaskan berapa uang yang temen-temen terima setiap bulannya, ini fungsinya agar pihak bank tahu darimana saldo berasal.
3.     Bulpoint
 Langkah-langkah:
1      Datanglah ke bank terdekat, casenya waktu itu aku dateng ke Bank Swedbank.
2      Ambil nomor antrian,  biasanya ada layar sentuh kecil yang ketika di sentuh dengan jari mengeluarkan kertas antrian.
3      Tunggu sampai nomor antrianmu di panggil.
4      Jelaskan pada pegawai bank bahwa kamu ingin membuka rekening bank.
5      Pihak bank akan meminta personnummber dan surat / kontrak yang menjelaskan sumber danamu.
6      Kamu akan diberi kertas yang didalamnya berisi beberapa pertanyaan. Misalnya, pertanyaan perlu internet banking atau tidak, perlu transfer antar negara atau tidak. Dan pertanyaan lainnya.
7      Setelah itu berikan kertas ke pegawai banknya, nanti kamu akan di jadwalkan ulang datang untuk wawancara.
8      Saat datang wawancara, biasanya pihak bank akan bertanya apakah ada keluarga atau kerabat yang bekerja di pemerintahan, seperti TNI, POLRI atau pejabat pemerintahan lainnya. Kalo ada bilang ada. Kalo ga ada bilang ga ada. Informasi ini di butuhkan oleh bank agar tidak terjadi money laundry alias pencucian uang.
9      Selanjutnya pembukaan rekening bank.
10   Nomor rekening akan diberikan pada hari yang sama setelah pembukaan rekening bank selesai.
11   Kartu ATM akan di kirim ke alamat tempat tinggalmu dalam waktu 2 minggu.
12   Selesai.


Nah, sampe sini info yang bisa aku share. Semoga bermanfaat.
Posting Komentar